1 Nov 2013

Memilih Usia



Ini mungkin sebuah refleksi saya yang agak serius levelnya. 

Beberapa hari terakhir ini, saya hampir setiap hari berada dalam posisi sebagai orang baru dan unyu dalam satu komunitas para "tetua". Beruntungnya bagi saya, secara pribadi saya merasa paling muda dan paling menggemaskan #toyorsendal. Selalu merasa sebagai junior, yang diperhatikan, dibimbing dan di-adik-kan. Jadinya saya tersugesti untuk menjadi adik yang ingin selalu diperhatikan dan diajari oleh sang kakak-kakaknya. Kesannya saya menjadi lebih manja dan santai.

Pada kenyataannya, mayoritas hidup[ yang saya alami, saya selalu berada di atas usia saya. Menjadi pendengar, penengah, 'menasehati' atau sekedar menjadi pihak yang selalu mengalah demi sang junior. Dan, inilah letak paradoksnya.

Menjadi orang dengan pikiran sebagai 'adik', menjadikan saya merasa lebih muda daripada usia sendiri. Ini murni sugesti, tapi saya rasakan lebih membahagiakan dari pada merasa lebih tua dari usia sendiri #pengalamanpribadi

Namun, dalam waktu bersamaan, saya juga merasa bahwa saya amat kerdil. Pengalaman saya, kedewasaan saya, kepintaran saya, keterampilan personal saya, semua mendadak lenyap ketika saya berada di tengah mereka. Saya mengerut menjadi seorang Hobit berpikiran manusia seperempat abad. Menyedihkan memang.

Tapi positifnya, di depan orang dengan usia dan pengalaman hidup yang jauh menjulang itu, saya menjadi pembelajar hiperaktif. Setiap senti jejak kehidupan para senior itu menjadi setetes demi tetes ilmu kehidupan yang membangun saya. Kelak. saya pasti akan menjadi mereka, pikir saya singkat. 

Walaupun kadang saya lebih suka dibully sama mereka, tapi saya mengamati setiap sisi lain dari mereka yang saya kagumi. Everyman is special, mereka menjadi diri sendiri dengan umurnya dan juga dengan perbedaannya dengan saya -yang merasa masih muda.

Usia bertambah bukan soal keniscayaan, namun juga sebuah pilihan untuk menentukan letak usia kedewasaan mana yang kita pilih untuk melewati jalan kehidupan di depannya.

No comments:

Post a Comment