15 Apr 2012

Des Enfants au Dolly



Sedikit kaget dengan adanya sebuah resensi singkat buku "Permata dalam Lumpur "
dari Mbak Elita yang diposting di sini. Ceritanya, kemarin dia membeli buku itu ketika ada diskon. Saya kasih sekalian sama tanda-tangan kite berdua (sok artis). Okelah saya catutkan tulisannya di bawah sini.

J’ai lu un roman que Huda, mon ami avait écrit. Dont le titre est « joyau sur boue ». Ce livre raconte sur la vie des enfants dans la région de prostitution Dolly vivant dans un mauvais environnement. Ils connaissent déjà adulte, la vie des adultes (alcool, disco) et les mauvais mots. Mais, il y a un homme, Kartono essayez de changer l’environnement. Il a créé « jardin de lire » pour les enfants. Il veut que les enfants améliorent leur vie. 

Etudiants de’ITS et UNAIR proposent aide. Ils sont enseignés dans "jardin de lire", en benevoles. Il y a des experiences particulier, enseigner au Dolly est different comme normal l’école.
Je pense que ce roman est nécessaire de lire. Il se base sur des faits historique et s’interrogent sur des problèmes humain d’actualité. L’écrivain est enseigner au « jardin de lire » aussi. C’est des autre sur Dolly que na penzies jamais.

Artinya, setelah ditranslate di google-translate jadinya begini:

Saya membaca sebuah novel dari Huda, teman saya telah menulis. Judul yang adalah "permata dari lumpur." Buku ini menceritakan tentang kehidupan anak-anak di daerah prostitusi Dolly hidup dalam lingkungan yang buruk. Mereka sudah dewasa, orang dewasa 'hidup (alkohol, disko) dan kata-kata yang salah. Tapi ada seorang pria, Kartono cobalah mengubah lingkungan. Dia menciptakan "taman bacaan" untuk anak-anak. Dia ingin anak-anak untuk memperbaiki kehidupan mereka.

Mahasiswa ITS UNAIR dan bantuan ditawarkan. Mereka diajarkan "taman bacaan" pada sukarelawan. Ada pengalaman tertentu, untuk mengajar Dolly juga berbeda, karena sekolah normal.

Saya pikir novel ini adalah bacaan wajib. Hal ini didasarkan pada fakta sejarah dan masalah pertanyaan manusia saat ini. Penulis adalah untuk mengajar "taman bacaan" juga. Ini adalah satu lagi dari Dolly penzies tidak pernah melakukan itu.

Terima kasih, Merci!


*) judul postingan di atas artinya: Anak-Anak Dolly

No comments:

Post a Comment